Kampar Berpotensi Jadi Sentra Bisnis ASEAN

admin February 28, 2014 Comments Off

Sosialisasi komunitas ASEAN yang dilaksanakan di Kabupaten Kampar, disambut antusias berbagai komponen, mulai dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab), mahasiswa, guru dan dosen.

Sosialisasi untuk jajaran Pemkab Kampar dilaksanakan di Kantor Bupati Kampar, Rabu (26/2). Rombongan dari Kemenlu yang hadir yaitu Penasehat Senior Bidang ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Hazairin Pohan yang pernah menjabat sebagai Dubes RI untuk Polandia. Tampak hadir mewakili Bupati Kampar yakni Asisten I Setda Kampar Nukman SH dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kampar.

Asisten Pemerintahan Setdakab Kampar Nukman Hakim dalam sambutannya menyampaikan, tentang kondisi Kabupaten Kampar seperti kondisi geografis, permasalahan yang dihadapi. Nukman Hakim juga menyampaikan adanya hubungan erat antara masyarakat Kampar dengan negara jiran tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Nukman hakim pada sambutannya lebih menekankan penyampaian program pembangunan Kabupaten Kampar dengan lima pilar pembngunan Pemkab Kampar.

Nukman Hakim juga menjelaskan apa saja program Pemkab Kampar yang sedang digesa saat ini, seperti program P4S di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, dan ekspor ikan patin yang berazam akan mengalahkan negara Vietnam.

Sementara itu, sosialisasi untuk kalangan dosen dan mahasiswa dilaksanakan di aula STIE Bangkinang. Dialog dihadiri oleh Ketua STIE Bangkinang Ir H Zamhir Basem MM, dan bertindak sebagai moderator yaitu Pembantu Ketua I STIE Bangkinang Ir Arman MM serta para dosen, karyawan dan ratusan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Huzairin Pohan, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa komunitas ASEAN 2015 ini mempunyai makna bahwa Indonesia akan melalui tahap menuju komunitas ASEAN. 

“Kampar sangat berpotensi untuk menjadi salah satu sentra bisnis ASEAN ke depannya, karena letaknya yang strategis. Intinya Komunitas ASEAN adalah bentuk kerja sama ke depan untuk membangun kebersamaan pembangunan di berbagai bidang dalam wilayah ASEAN,” sebutnya seperti dikutip riaupos.co.

Dikatakan Hazairin Pohan, untuk mencapai komunitas ASEAN ini tidaklah mudah, karena kita memulai dengan berbagai etnis budaya di negara ASEAN.

Komunitas ASEAN ini mempunyai niat yang baik, sebab kita mempunyai mimpi dengan adanya komunitas ASEAN ini akan melahirkan kedamaian dan keamanan di negara ASEAN.

Manfaat komunitas ASEAN bagi Indonesia, katanya, karena berdirinya ASEAN adalah hasil pemikiran anak bangsa, apabila ASEAN maju, maka Indonesia yang paling diuntungkan. Kesimpulannya, dengan dibentuknya komunitas ASEAN adalah melahirkan banyak peluang, baik segi ekonomi, politik, keamanan, dan ketertiban di ASEAN. (*)

Mukhtar | Edited by Rbc

Komentar

komentar

Comments are closed.