Perusahaan Swasta Tanda Tangan MoU di KITB

E-mail Print PDF
Foto: IntSejak ditetapkannya Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Bupati Siak, Drs Syamsuar Msi, KITB mendapat respon positif dari investor lokal maupun mancanegara. Sudah ada beberapa perusahaan nasional dan internasional yang ingin melakukan investasi di KITB.

“Kami menilai KITB memiliki potensi yang baik dari sisi ekonomi,” kata Direktur PT Petro Energi Nusantara (anak perusaaan PT Global yang berafiliasi di Singapura), Irawan Prakoso Dipl Eng, usai melakukan penandatanganan MoU bersama BUMD PT KITB, seperti dilansir Riau Pos, Senin (21/11/2011).

Selain PT Petro Energi Nusantara, masih ada dua perusahaan lain yang juga melakukan MoU dengan KITB. Kedua perusahaan tersebut adalah PT Bumi Siak Pusako dan PT Petro Kump Hugo Oil. Ketiga perusahaan yang bergerak di bidang migas tersebut akan memanfaatkan KITB sebagai wilayah operasi dalam menjalankan usaha mereka.

Irawan mengatakan, MoU yang dilakukan merupakan langkah dan keinginan nyata dari perusahaan untuk mengembangkan investasi di Siak. Ini didukung dengan letak KITB yang strategis karena berada di dekat dermaga. “Banyak hal yang jadi penilaian positif di KITB ini, maka dari itu kami tertarik untuk bekerjasama,” tambahnya.

Bupati Siak juga menyambut baik respon perusahaan terhadap jalinan MoU yang dilakukan bersama KITB. “KITB ini merupakan pusat pertumbuhan baru di Riau yang berskala nasional sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Siak,” kata Syamsuar.

Adanya KITB ini tidak hanya mendapat dukungan dari pemerintah, tapi juga dari perusahaan-perusahaan. Hal ini dapat dilihat dengan ditandatanganinya MoU hingga nanti benar-benar melakukan perjanjian kerja sama untuk menjadikan daerah ini sebagai lokomotif dalam mengawali pembangunan KITB. “Saya yakin MoU ini dapat menjadi lokomotif mengawali sekaligus bisa mempercepat upaya pembangunan KITB ini,” ujar Syamsuar.

Menurut Syamsuar, Pemkab Siak telah merencanakan pemberian insentif kepada perusahaan yang bekerja sama dengan KITB. Insentif ini diberikan sesuai dengan aturan yang ada, diantaranya pemberian keringanan pajak atau membebaskan retribusi daerah dalam jangka waktu tertentu.

Mou yang dilakukan PT KITB dengan PT Petro Nusantara Energi dan PT BSP adalah perihal kerja sama untuk pembangunan terminal, instalasi pipa dan tanki timbun minyak bumi dan pemanfaatannya di KITB. Sedangkan dengan PT Petro Kump Hugo Oil adalah rencana kerja sama untuk pemakaian fasilitas terminal serba guna dan pembangunan fasilitas terminal serba guna dan pembangunan fasilitas tanki timbun BBM di KITB.(*)

Mg1│Edited by Mukhtar
TRANSLATE
Perusahaan Swasta Tanda Tangan MoU di KITB
Perusahaan Swasta Tanda Tangan MoU di KITB
 
 

 


 


 


 


 


Copyright © 2010 RiauBisnis.com Portal News
Sosialisasi Izin Lingkungan
Headline
  • Pause
  • Previous
  • Next
1/5
 

Majalah Venues Online