Operasikan PLTG Teluk Lembu 27MW, RIC Investasi Rp 200 Miliar

E-mail Print PDF

Dirut RIC, Rida K Liamsi (foto dok)Setelah terkendala hampir setahun, akhirnya Riau Investment Corporation (RIC) melalui anak perusahaannya Riau Power telah mengoperasikan PLTG Teluk Lembu. Nilai investasi yang telah ditanamkan lebih dari Rp 200 miliar.

Hal ini diterangkan Direktur Utama RIC, Rida K Liamsi saat memberikan kata sambutan acara buka bersama karyawan RIC Grup dan anak panti asuhan di Balairung Ballroom Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Jumat (19/7/2013).

Rida menjelaskan, bahwa PLTG Teluk Lembu yang dioperasikan Riau Power menggunakan turbin hibah Pemprov Riau yang dapat menghasilkan daya listrik sebesar 20MW. Namun sejak dihibahkan tahun lalu, operasionalnya terhambat pasokan gas. "Setelah kita mendapatkan gasnya, operasional turbin sudah berjalan sebulan terakhir dan menghasilkan daya 18-19MW," kata Rida.

Sisa pembakaran turbin utama ini ternyata tidak habis terbuang begitu saja, tapi diolah kembali dan digunakan untuk menggerakkan pembangkit dengan menggunakan teknologi combine cycle. Dengan teknik ini, dihasilkan daya listrik sebesar 8MW dan setelah dikoneksikan maka total daya listrik yang dihasilkan PLTG Teluk Lembu turbin tunggal ini mencapai 27MW. "Untuk proyek ini, kita sudah investasikan lebih dari Rp 200 miliar," kata Rida.

Selain PLTG Teluk Lembu, Riau Power juga tengah mempersiapkan operasional PLTG di Duri yang saat ini tengah proses pembebasan lahan. Rida berharap proyek yang akan menghasilkan daya listrik 50MW plus 25MW ini akan berjalan lancar dan mulai beroperasi di tahun 2014 mendatang.

"Kami mohon doanya dari semua pihak agar dapat menyelesaikan proyek ini tepat waktu dan memberi kado bagi ulang tahun Provinsi Riau tahun depan, karena tahun ini tidak terkejar untuk penyelesaiannya," pungkas Rida.(*)

A Gunawan | Edited by Rbc

TRANSLATE
Operasikan PLTG Teluk Lembu 27MW, RIC Investasi Rp 200 Miliar
Operasikan PLTG Teluk Lembu 27MW, RIC Investasi Rp 200 Miliar
 
 

 


 


 


 


 


Copyright © 2010 RiauBisnis.com Portal News
Sosialisasi Izin Lingkungan
Headline
  • Pause
  • Previous
  • Next
1/5
 

Majalah Venues Online