Bisnis Jangkrik Olahan Sri Rahayu

E-mail Print PDF

Siapa menduga Jangkrik bisa jadi bahan untuk beragam makanan olahan. Ditangan, Sri Rahayu, jangkrik tidak hanya untuk satu komoditi makanan ringan, tapi sangat beragam, seperti kripik jangkrik, rempeyek jangkrik, biskuit, nugget jangkrit, jangkrik Balado, rendang jangkrik dan manisan jangkrik. Bahkan ada juga olahan jangkrik untuk suplemen kesehatan.

Usaha yang dilakoni Sri Rahayu awal 1998, kala itu ia bersama rekan-rekannya terhimpun dalam perkumpulan Himpunan Peternak Jangkrik Riau (Hipajari), sebagai sekretaris, ia berpikir untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Caranya, untuk membuat beragam makanan olahan dari jangkrik.  “Beternak jangkrik pada awalnya masih merupakan usaha sampingan. Oleh karena itu, perlu terobosan baru agar jangkrik yang dihasilkan peternak dapat menjadi komoditi baru yang diminati masyarakat,” ungkapnya kepada riaubisnis.com, Kamis (30/09/2010).

Awal mula usaha tersebut, kata Sri Rahayu, setelah ia pensiun di salah satu perusahaan asuransi. Ia bertekad serius mengolah beragam olahan dari jangkrik. Ia terpikat dengan komoditi ini, setelah mengikuti pelatihan budidaya jankrik, kala itu dilaksanakan di salah satu hotel berbintang. Ia penasaran, setelah itu mulailah ia beternak jangkrik. “Setelah ikut pelatihan, saya mulailah tertarik untuk berternak jangkrik,” kata wanita kelahiran Madiun ini.

Ia menyebutkan, usai ikut pelatihan, kala itu Hipajari terbentuk, Sri terpilih menjadi sekretaris. Oleh karena itu, tentu saja, ia memiliki rasa tanggung jawab kepada anggota untuk membeli hasil ternak jangkrik. Ia pun melakukan tindakan “gila”. “Karena saya bingung, terlalu banyak jangkrik yang saya beli, maka jangkrik itu saya goreng, saya bikin pepes dan saya bagi kan ke tetangga,” katanya.

Lantas, ia pun berpikir, untuk menghentikan tindakan “gila”nya itu. Saat itu, ia terpikir untuk mengolah jangkrik menjadi suplemen dalam bentuk kapsul. “Jangkrik itu saya proses melalui open. Setelah diolah saya masukkan kapsul, kemudian saya kasih ke anak saya dan banyak komentar positif,” ujarnya.

Tidak hanya itu, ia juga membagi bagikan kapsul olahanya kepada salah satu peternak jangkrik yang ayahnya kena stroke, dan ternyata  hasilnya bertambah sehat. Tangannya yang semula tidak bisa bergerak, jadi bisa bergerak lagi. Selain itu, ada seorang bidan, yang ayahnya tidak bisa jalan, setelah makan kapsul jangkrik, hasilnya lebih baik. “Setelah itu, baru saya saya mencoba membuat kapsul jangkrik untuk dijual. Namun awalnya pemasarannya susah, lantaran masih banyak yang belum percaya dengan jangkrik,” katanya.

Tapi, ia tidak berpuas diri, ia pun membuat olahan lain, seperti rempeyek jangkrik, biskuit jangkrik dan lain-lain. “Sejak 2008, kapsul jangkrik sudah mulai luas pendistribusiannya, dan kemasannya pun sudah dibuat dengan merk. Sekarang kemasannya sudah bagus dan bisa bersaing dengan produk lain,” katanya.

Pasalnya, kata Sri Rahayu, kandungan protein yang tinggi pada jangkrik dipercaya mampu menjadi sumber energi dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan jangkrik juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan stamina, sebagai anti oksidan untuk mencegah gangguan saraf dan meningkatkan gairah seksual. “Manfaat kapsul jangkrik yang bsaya buat yakni Srigrilus itu memang banyak yang merasakan nikmatnya secara langsung,” jelasnya.

Makanya, ujar Sri Rahayu, masih banyak peluang yang bisa dilakukan untuk mengolah jangkrik. Ia pun berpikir, jangkrik mesti diolah lebih banyak lagi. Pasalnya jumlah peternak jangkrik sangat banyak. “Peternak jangkrik sangat banyak, kebanyakan mereka menjual kepada pengepul,lalu mereka menjual untuk makanan burung untuk ikan Arwana dan lain-lain. Sya juga sudah terpikir, untuk dalam waktu dekat, untuk mengusahakan madu jangkrik,” katanya.

Sekarang, ia berpikir, untuk melebarkan sayap terkait pendistribusian jangkrik. Sekarang, ia sedang menjajaki kerjasama dengan Marketing Radio Network Alqomar Center Riau (MARI) untuk memperluas pendistribusian untuk di Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Medan. “Saya berharap usaha komoditas jangkrik bisa jadi salah satu komoditi ekspor, dan Riau bisa jadi pintu gerbangnya,” ungkapnya.

Untuk di Pekanbaru, ia memasarkan di beberapa toko dan beberapa pusat penjualan. Misalnya Toko Cik Puan di Jalan Sudirman, Foodmart dan Hypermart. Soal harga, tergantung jenisnya. Kapsul suplemen, harganya Rp 100 ribu, rempeyek Rp 6 ribu per bungkus, rendang Rp 8 ribu per bungkus dan biskuit Rp 7 ribu per bungkus. (*)

Mg-1 I Edited by Suprapto

Srigilus/ La Tansa

Jl. Wonosori Gg, Nasari No 6

Tangkerang Selatan-Pekanbaru

Owner : Sri Rahayu-081378705626

Distributor : Marketing Radio Network Alqomar Center Riau

Call Center : 0813 6502 1899

                       

 

TRANSLATE
Bisnis Jangkrik Olahan Sri Rahayu
Bisnis Jangkrik Olahan Sri Rahayu
 
 

 


 


 


 


 


Copyright © 2010 RiauBisnis.com Portal News
Sosialisasi Izin Lingkungan
Headline
  • Pause
  • Previous
  • Next
1/5
 

Majalah Venues Online

 

Harga Bahan Olahan Karet (Bokar)

Periode 16 s/d 23 Agus 2014

 

Harga Bokar di Pabrik

Harga (Rp/Kg)

1

PT Rickry Pekanbaru

16.500

2

PT P&P Bangkinang

16.500

 

3

PT Tirta Sari Surya

16.500

 

 

4

PT Andalas Agrolestari

16.300

 

 

 

 

Sumber: Disbun Riau

 

Harga Kelapa Butiran dan Kopra

Periode: 19 Agus 2014

No

Keterangan

Harga (Rp/Kg)

1

Kelapa bulat licin

                          1.750,-

2

Kopra mutu kering (100%)

5.000,-

3

Kopra mutu basah (80%)

4.200,-

4

Kopra mutu basah (60%)

3.900,-

 

Sumber: Disbun Riau

 

 

NAB

Danareksa: 13 Mei 2014
RIF RLF
NAB (Rp)
1,708.88 1,059.21
Hasil Investasi
30 hari terakhir (%)
0.230.47 
1 thn terakhir (%)
-0.494.52
Riil 1 thn terakhir (%)
- -
RIF : Riau Income Fund
RLF : Riau Liquid Fund

  TBS Sawit Periode :

20 s/d 26 Agus  2014

 Umur Tanaman (Tahun)

 TBS (Rp/Kg)

3

1.201,91

4

1.342,56

5

 1.436,83

6

1.478,72

7

1.536,27

8

1.583,11

9

1.583,11

>=10

1.633,71

umber: Disbun Riau