Riau Penangkar Ikan Arwana Terbesar di Asia Tenggara

E-mail Print PDF

Riau merupakan satu-satunya daerah yang memiliki koleksi ikan arwana (golden fish) terbesar dan termahal di seluruh Asia Tenggara. Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, Riau merupakan penghasil ikan arwana lewat penangkaran terbesar untuk seluruh dunia.

 

Hal ini diakui pengusaha penangkaran ikan arwana Riau, Anuar Salmah, pemilik PT Salmah Arowana Lestari (SAL) Pekanbaru yang memiliki lahan penangkaran seluas 126 hektare dengan jumlah kolam penangkaran 232 unit.

 

Masing-masing kolam yang luasnya bervariasi ini bisa menampung antara 50-60 ekor ikan indukan, yakni ikan yang siap menghasilkan anak-anak, hasil perkawinan secara alami.

 

Hal ini diungkapkan Anuar Salmah sehubungan akan dilakukannya ekspor ke Malaysia sebanyak 400 ekor anakan yang terdiri dari 300 ekor arwana golden red dan 100 ekor arwana green, Kamis (17/3/2011).

 

‘’Kita penghasil terbesar saat ini, banyak negara meminta untuk mengekspor pada mereka dan kita terus melakukan penangkaran ini dan setiap harinya bisa menghasilkan sekitar 500 ekor anakan arwana,’’ ujar Anuar yang akrab dipanggil Amo seperti dilansir Riau Pos, Rabu (16/3/2011).

 

Menurut Amo, dengan usia lahan penangkaran ini yakni 28 tahun (berdiri 1983), maka hasil yang didapat dari lamanya itu, juga sudah maksimal. Namun untuk terus meningkatkan produksinya, Amo terus melakukan perluasan dan penambahan lahan kolam termasuk melakukan ekspansi ke beberapa daerah sekitar.

 

Saat ini, PT SAL miliknya juga tengah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan lain untuk perluasan lahan penangkaran Arwana ini. Beberapa negara yang rutin mendapat pasokan ekspor dari PT SAL saat ini adalah Jepang, Korea, Philipina, Hongkong, Cina, Malaysia, Thailand, Singapura dan Canada.

 

Sedangkan untuk negara Eropa belum bisa dipenuhi, karena pengaruh suhu udara di negara tersebut yang tidak cocok dengan suhu yang diperlukan ikan arwana. ‘’Memang ada permintaan dari Eropa, tapi karena faktor suhu dan PH air ini, maka permintaan itu tak dapat kita penuhi hingga saat ini,’’ ungkapnya pula.

 

Untuk masalah suhu ini, ikan arwana memerlukan suhu antara 25 hingga 30 derajat celsius. Bila kurang dari itu maka akan menimbulkan penyakit dan daya tahan tubuh ikan ini akan rendah. PH yang cocok untuk ikan jenis adalah 7.(*)

Parlindungan | Edited by Rbc

TRANSLATE
Riau Penangkar Ikan Arwana Terbesar di Asia Tenggara
Riau Penangkar Ikan Arwana Terbesar di Asia Tenggara
 
 

 


 


 


 


 


Copyright © 2010 RiauBisnis.com Portal News
Sosialisasi Izin Lingkungan
Headline
  • Pause
  • Previous
  • Next
1/5
 

Majalah Venues Online